Perjalanan Panjang Seorang Pencari


Ambon,  14 Agustus 2009

Awan masih saja kelabu, tatkala langit barus saja menumpahkan hujannya di sekitar rumah kontrakan ini, saya terperanjat karena hari ini bangun ‘kesiangan’ dan buru-buru sholat subuh yang seharusnya sudah dikerjakan pa waktunya….seperti biasa…harus ada ide untuk dituliskan dalam blog yang barus dibuat ini….

perlahan kubuka lagi SMS (pesan pendek) dari seorang teman untuk sekedar meyakinkan bahwa benar SK (surat Keputusan) untuk pengangkatan Dosen akan diterima nanti pada tanggal 17 Agustus di saat upacara perayaan kemerdekaan RI. ke  56 di halaman depar kantor rektorat Universitas Pattimura, dan akan diserahkan secara simbolis.

Dan tiba-tiba dada ini terasa longgar,  seraya mengingat ke belakang hari-hari penantian yang akan segera berakhir, pertanda nasib baik akan menjelang. sebeb setelah pengumuman kelulusan diterimanya saya dan teman-teman lain sebagai staf pengajar di Unpatti-Ambon pada 1 desember 2008, tidak pernah ada kabar lagi tentang kapan akan diberikannya SK ‘keramat’ itu.

Dan jari-jariku pun kemudian menari-nari lagi di atas keypad HP untuk menghubungi seorang teman wanita yang kebetulan hanya kami berdua yang lolos untuk formasi dosen agama Islam di Unpatti, dan pada penempatannya saya di FKIP/PGSD dan si ukhti-nya di FISIP, dan masih pada kampus yang sama. setelah menanyakan beberapak kepastian kabar, saya pun….kembali ke rutinitas semua….biasa…

saat ini saya sedang menutupi kesenjangan ini dengan mencoba membuka jasa pengetikan rental komputer, sekedar menutupi biaya transpor dan laup pauk keluarga, mumpung udah tinggal sendiri di kontrakan dengan satu anakn dan isteri yang masih 1 ( satu aja).

Sembari mencari beberapa data, dan mempersiapkan media belajar interaktif via internet, saya berencana perkuliahan nanti harus memadukan teknologi IT dan konvensional, sehingga meskipun ini pembelajaran agama Islam, namun tetap harus tepat zaman, dimana orang-orang banyak mengakses internet.

sebenarnya sudah satu semester yang lalu ketika memulai pembelajaran agama Islam di PGSD dan di slah satu kampus swasta sudah diterapkan pemberlakuan pembelajaran ini, namun masih kurang maksimal, karena kurangnya stimulus dan motivasi, disamping mungkin karena hal ini baru bagi mereka, sehingga agak kaku..

ke depan moga rencana ini di dukung oleh komunitas kampus dan civitas akademika PGSD dan FKIP universitas pattimura ambon…

semoga…

2 Responses to Perjalanan Panjang Seorang Pencari

  1. sugiarno says:

    Wah, ini sangat membanggakan. Salam.

  2. syukriy says:

    Selamat, mas. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai niat baik kita untuk memajukan pendidikan.
    Perkuliahan dengan menggunakan TI insya Allah akan sangat membantu untuk meningkatkan kualitas mahasiswa. Namu, tentunya dengan syarat dosennya juga melek TI dan bisa memberikan inspirasi kepada para mahasiswanya.
    Saya sudah sejak lama menyuruh mahasiswa menyerahkan tugas kuliah (khususnya paper atau makalah) melalui email. Setidaknya bisa mengurangi biaya mereka untuk memprint dan menjilid dan juga mengurangi beban dosen untuk membawa tugas2 tersebut.

Saya Nantikan Komentar Anda,..!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: