‘SK’ itu kini saya Pegang


Ambon 17 Agustus 2009

Setelah menanti sekian jam, (biasanya tradisi di negara kita dari dulu kaya gini-jam karet) ada perintah untuk mendekat ke lapangan upacara, lapangan parkir yang  sudah disiapkan untuk upacara ‘peringatan 17 agustus 1945’, dan yang menjadi pembina upacara, dari jajaran pembantu rektor (tidak dikenalkan dan tidak desebut namanya).

Upacara hari ini yang katanya hikmat (hikmah) dan pertama kali bagi saya di lingkungan Universitas ternama di Maluku ini, pun terasa aneh, tanpa publikasi, tanpa gladi (latihan awal), nyanyian indonesia raya-pun yang seharusnya di nyanyikan oleh kelompok paduan suara, tidak tampak. akhirnya peserta ‘terpaksa’ menyanyikan bersama dalam keadaan sikap menghormati bendera merah putih, padahal setahu saya, dalam tata upacara Militer sampai upacara bendera biasa pun (ketika menghormati bendera) anjurannya tidak melantunkan lagu indonesia raya….! (moga saya yang bukan saya yang keliru).

hingga upacara hari ini, yang terasa, hanya terik mentari pagi, yang seakan membakar kulit, sehingga tidak aneh, ada satu-dua orang keluar dari barisan karena lemas atau ‘pura-pura’ lemas saking tak kuatnya menahan terpaan sinar mentari.. pagi ini.

Mungkin yang agak aneh juga bagi saya, kenapa do’a yang di munajatkan kepada Tuhan masih menggunakan Do’a dua bahasa agama yang mayoritas? (Islam dan Kristen?) tidak bijakkah kalau ditampilkan satu saja?

Kalau sekedar ingin toleransi kenapa tidak lima agama saja yang dibacakan do’anya?….apa Tuhan-Nya tidak bingung menunggu Do’a yang mereka ucap itu!!, padahal, kenyataannya juga dalam setiap upacara bendera hanya satu saja doa yang diwakili kepada sang pencipta, terserah agamanya apa !!! kan Nasionalis….Apa Tuhan-Nya orang Hindu dan Budha Tidak Cemburu?

pertanyaan ini kini masih tersimpan di hati…..dan masih harus di bahas dalam tulisan saya selanjutnya….

ada moment yang menari

Upacara pun selesai, dan kami pun disilahkan untuk mengantri mengambil SK (surat Keputusan) legalitas kami sebagai pengajar di masing-masing fakultas di Universitas pattimura Ambon.

Saya Nantikan Komentar Anda,..!!

