Komunitas Milah Ibrahim (KOMAR)=Al Qiyadah Al Islamiyah


Komunitas Milah Ibrahim (KOMAR) merupakan nama lain yang digunakan gerakan Al Qiyadah Al Islamiyah pimpinan Ahmad Mushadiq. tokoh yang wajahnya mirip dengan AS Panji Gumilang itu yang pernah menggegerkan kalangan Muslim Indonesia dengan penyimpangan Ajaran Islamnya.
Penggunaan nama tersebut ada dalam buku-buku referensi mereka. Layaknya NII KW9 yang kadang menggunakan nama Negara Kurnia Allah (NKA), modus tersebut hanya untuk mengelabui para rekrutan baru. KOMAR dibentuk dari perpecahan pemikiran antara Ahmad Mushadiq dengan petinggi NII KW9, termasuk Panji Gumilang, dalam pemahaman akan aplikasi Mabadi Tsalatsah (ajaran, doktrin dan rujukan utama NII KW9). Mushadiq berpikir lebih integral dan linear pada sisi kerasulan dan kenabian serta risalah yang dibawanya, sementara Panji Gumilang lebih fokus pada bentuk risalah, yaitu negara. Namun, keduanya sepakat bahwa diluar kelompoknya adalah kafir. Maklum, satu guru satu ilmu.

Nah, bila ajaran kedua kelompok tersebut sudah dinyatakan sesat dan menyesatkan kenapa tidak diberantas?. Harus dipahami bahwa penangkapan Ahmad Mushadiq merupakan tekanan masyarakat yang mendorong kepolisian mengambil langkah untuk meredam keresahan kaum muslimin. Tapi, bukan berarti menghentikan gerakannya secara luas. Walaupun ada ikrar tobat, itu hanya strategi belaka. Suka tidak suka, apa yang dilakukan KOMAR dan KW9 merupakan langkah yang sangat efektif untuk memandulkan kader-kader muda Islam. Maka itu, gerakan-gerakan seperti ini akan selalu dipelihara oknum berkepentingan. Disatu sisi memberikan rasa aman bagi Republik Indonesia dari ketakutan akan perekrutan Islam radikal, dan disisi lain, menjadi proyek murah musuh-musuh Islam untuk menghancurkan Islam dari dalam. Cukup hanya mendorong orang-orang seperti Ahmad Mushadiq dan Panji Gumilang, ratusan ribu kaum muda muslimin hancur aqidahnya sekaligus menjadi mesin penghancur aqidah paling efektif serta memberikan efek buruk bagi perjuangan kaum muslimin yang lurus.

Belajar dari kasus KOMAR dan KW9, akan ada banyak jebakan bagi kaum muslimin di Indonesia pada tahun-tahun mendatang. Pasalnya, gerakan-gerakan sesat terbukti berhasil merusak aqidah umat dan memberikan efek buruk akan contoh perjuangan Islam. Tercatat sudah ada tiga gerakan baru yang serupa dengan KW9, bahkan disinyalir digawangi oleh mantan-mantan petinggi KW9 yang sudah hengkang. Satu diantaranya sudah mulai membesar dan bergerak cepat di Bandung dan Jakarta, sementara dua lainnya masih terlokalisir di wilayah tertentu. Gerakan yang mulai besar adalah Kesatuan Al Haq (KAH). Gerakan ini berawal di Bandung. Kini sudah masuk Jakarta dan merekrut kalangan wanita saja. Model doktrinnya serupa dengan KW9, hanya idiomnya yang berbeda, bukan negara tapi kesatuan. begitu juga dengan sistem komandonya dan pendanaannya, masih tidak jauh dari seniornya. Sementara dua yang lain, yaitu Islam Syahadat dan satu gerakan yang belum memiliki nama. Islam Syahadat sedang bergerak di Bandung. Cirinya dengan menyatakan bahwa syahadat setiap muslim turunan belum syah, maka butuh syahadat lagi. Pola perekrutannya mirip KW9, bedanya dalam pelaksanaan program dan pemahaman ritual. Yang terakhir adalah yang sedang berkembang di Bogor Selatan, tepatnya wilayah Empang. Gerakan ini berawal dari KW9, lalu mulai 2007 merubah dirinya menjadi gerakan terbuka dengan membentuk majlis ta’lim. Dua diantaranya bernama Majlis At Tiin dan Majlis Al Ikhlas. Majlis-majlis ini mengumpulkan kaum muslimin dari berbagai umur dan latar belakang. Materi yang disampaikan berkisar pada nabi Ibrahim dan nabi Ismail, bagaimana keteguhan Ibrahim menjaga rumah Allah walau terusir dari Babilon hingga mengorbankan Ismail atas perintah Allah. Inti dari ajarannya serupa dengan KOMAR, KAH dan KW9 yaitu mengkafirkan orang diluar kelompoknya dan mengaku dirinya adalah rasul.

Inilah Bai’at yang mereka siapkan untuk merekrut anggota baru KOMAR

Isi ke 6 mirzaq itu antara lain :

Bismillah hirohman nirrohim Wallohi = demi Alloh

1. Saya menyatakan mitsaq ini kepada Allloh disaksikan oleh mu’min mubaligh yang bertanggung jawab (itu termuat dalam surat 48 ayat 10,33 ayat 7)

2.saya menyatakan mitsaq ini sungguh-sungguh ikhlas tiada paksaan dari siapapun juga (surat 2 ayat 156)

3.saya menyatakan iman kepada Alloh dan Rosulnya serta meninggalkan KEMUSYRIKAN,dan sanggup mengemban tugas sebagai mu’min mubaligh untuk menegakkan kalimatulloh liilaikalimatiillah di bumi Alloh (42 ayat 13,61/9,9/37,48/8-9)

4. Saya tidak akan mencuri, tidak akan berzina, tidak akan menggugurkan kandungan, tidak akan berdusta dan tidak akan berbuat durhaka terhadap ajaran syariat islam (60/12)

5. saya akan taat kepada Allah dan Rosulnya serta siap menerima bimbingan mukmin mubaliq yang menjadi pembina saya, kiranya Alloh meridloi mitsaq yang saya nyatakan ini.(4/59)

6. ALLOHU AKBAR,ALLLOHU AKBAR,ALLOHU AKBAR.

Oleh Bapak Sukanto sukanto_saja@yahoo.co.id http://www.nii-crisis-center.com/

2 Responses to Komunitas Milah Ibrahim (KOMAR)=Al Qiyadah Al Islamiyah

  1. ovi says:

    menurut anda apakah ajaran ini benar2 meresahkan dan merugikan orang lain? kalau meresahkan sebelah manany kalo merugikan siapa dan apa yg dirugikannya…
    mohon tanggapannya.

  2. hmmm says:

    Merugikan.: karena mereka memfitnah orang2 muslim di luar kelompoknya itu kafir. Rasulullah saw pun tidak pernah bilang bahwa pamannya seorang kafir sampe pamannya meninggal. Beraninya mereka bilang orang lain kafir. Dan tidak pernah membaca al qur’an bukan kah itu namanya juga fitnah? Sedangkan mereka tidak terima di sebut aliran sesat. Tapi seenaknya bilang orang lain kafir. Komar belajarlah dengan orang muslim dari mekkah atau al azhar. Jangan dengan orang yahudi tulen dari barat.

Saya Nantikan Komentar Anda,..!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: