Cipratan ‘Learning by blogger’ dari event Telkomsel Kompasiana


Ambon, 28 Mei 2011..

Labbaik, Kompasiana, labbaik…!! akhirnya kupenuhi juga panggilanmu…!! Alhamdulillah, akhirnya kupenuhi juga panggilan undanganmu kompasiana, setelah beberapa waktu lalu mendaftar secara online di kompas.com untuk mengikuti even learning by blogging, yang diadakan di hotel Amans Ambon hari ini dari jam 10.00 s/d 17.00 BTWI. Lebih bersyukur lagi ternyata bisa bertemu ‘bareng’ komunitas blog Maluku dan para ‘Newbe’ (penulis pemula Blog) blogger mania yang pengen belajar Nge-Blog yang difasilitasi oleh even Learning By Blogging yang dihelat oleh kompas yang berkerjasama Telkomsel.

Dari pemaparan materi awal tentang Citizen Journalisme, yang disampaikan oleh bang. Iskandar Zulkarnaen, (editor kompas.com) mengungkapkan bahwa Citizen Journalisme tidak lain adalah sebuah istilah yang baru dikenal dalam bidang jurnalis sebuah kegiatan yang melibatkan peran serta masyarakat dalam kegiatan jurnalisme, termasuk kegiatan mengumpulkan, mengolah, bahkan menganalisis kemudian menyebarluaskan berita melalui sosial media atau bahkan lewat jurnal media online lainnya. Salahsatunya kompas dengan fasilitas kompasiana.com.

Yang sangat menarik dari pemaparan materi awal ini dikatakan bahwa, di era teknologi dengan banyaknya sosial media dan media online yang saat ini menjamur, hak menulis bisa dilakukan siapa saja, bukan hanya penulis kawakan atau jurnalis profesional atau wartawan. Namun bisa dilakukan oleh orang biasa, rakyat biasa dari kalangan manapun, dengan memperhatikan segela kejadian yang ada di skitarnya.

Kompas sebagai penyedia konten jurnalis online dengan menyediakan fasilitas yang mengijinkan para penulis online denga tajuk telkomsel kompasiana.com, sehingga siapa saja meski dari kelas newbe (pengguna baru), orang biasa atau sampai kelas advance termasuk wartawan dengan bebas memberitakan apa saja yang ditemui di sekitarnya atau apapun yang ingin disampaikan dengan berbagai kategori room yang disediakan, dari mulai Pendidikan, Sosial, Budaya dan politik bisa dishare di kolom kompasiana.com.

Suatu hal yang ingin disajikan kompas, ternyata adalah untuk memecah kebuntuan para penulis yang kesulitan memulai penulisannya dikarenakan berbagai kendala. Sehingga banyak tips yang diberikan oleh para pembicara dari Kompasmedia. Di antaranya sebuah topik yang menarik dengan topik bagaimana Menulis Cepat, Menarik, dan Bermanfaat yang disampaikan oleh Pepi Nugraha, salah satu editor Kompas.com

Semoga menjadikan sesuatu yang bermanfaat…!!

Selain dihibur oleh Band school dari jebolan pentas SMA se-Ambon, ada program bagi-bagi doorprize berupa HandPhone dan Kaos Cantik juga Speaker Active, dan salah satunya Penulis ‘kecipratan’ salah satu doorprize karena berhasil menjawab salah satu pertanyaan tentang tema even ini yakni Learning by Blogging. Teirma kasih Kompas dan Kompasiana.com juga telkomsel sebagai sponsor utama acara ini. Terlebih lagi kepada Nara Sumber tim editor Kompas.com yang telah berbagi ilmu dan strategi menulis yang baik. Semoga bermanfaat bagi semuanya.

Email : odeabdurrachman@yahoo.com

Saya Nantikan Komentar Anda,..!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: