Berapa Banyak Buku yang Bapak Tulis?


“Berapa Banyak Buku yang Bapak Tulis hingga saya bisa membacanya?”

Pertanyaan ini terngiang terus di telingaku, hingga kini, pertanyaan seorang Mahasiswa yang agak vokal di kelas membuat saya tersentak dan lagi-lagi akal-akalan saya muncul untuk mengalihkan pembicaraan, terus terang saya tidak siap dengan pertanyaan ini. Saya juga tidak tau jawaban apa jika hal ini ditanyakan kepada teman-teman dosen yang lain pasti muncul berbagai alasan, mungkin sibuk lah, gak ada waktu lah, dan lain sebagainya yang jelas pasti akal-akalan. baTukel-suda-mo  (istilah orang sini)

Untuk urusan Buku, kata teman-teman online di Jogja, Sby dan Malang, paling diterima, atau langsung ke penerbit,  ada ratusan penerbit yang bisa ditemui ketika pameran buku, ada yang bisa online bahkan tinggal kirim via mail, rasanya infonya masih tetap sama ketika sekolah dulu di Surabaya dan Malang banyak penerbit yang mau publikasi, namun kesulitan pasar, atau harus nombok berapa duit dulu baru bisa, padahal kalau saat ini saja ketika banyak memberi usul dan saran lewat microblog tweet, bisa langsung diterbitkan bukunya, karena banyak jaringan, banyak komunitas jadilah dia buku yang ber-ISBN.

Buku yang dimaksud bukan buku asal buku yang ber-ISBN, tapi buku yang dipakai oleh mahasiswa, dan sebagai curahan ide atas kompetensi keilmuan yang kita kuasai. Saya teringat ketika ponakan saya di pencinta alam unpati menerbitkan buku bersama komunitas pencinta alam, desember tahun lalu. Yang isinya merupakan isi catatan perjalanan dan kumpulan puisi serta cerpen yang diterbitkan penerbit lokal. Buku ber-ISBN juga Tapi bukan jenis Buku itu yang saya maksud. Sebab kalo jenis buku yang kayak gini gampangan terbit.

Memang benar ada wadah forum untuk penulis buku, mengirim buku teks untuk ikut dalam sayembara dikti (Hibah Penulisan Buku Teks dan Bahan Ajar), tapi karena kepangkatan dan urusan NIDN berlarut-larut, terlambat…lah sudah. Di Ambon ada beberapa penerbit yang sudah saya dekati, tetapi sekali lagi karena pendanaan dan bagi-bagi profit itu yang saya tidak kuat menanggungnya.

Untuk sekelas Jurnal dan terbitan Berkala ilmiah sebagai  tupoksi  penulisan seorang Dosen seperti nya sudah kemana-mana tulisanya, bahkan lebih mudah menulis di prosiding dan jurnal lokal dan nasional, (internasional belum nih) tinggal kirim ke ‘pengelola jurnal dan seminar yang mengundang call papaer “di mana-mana’ dan terbitlah jurnal ilmiahnya. Alhamdulillah juga saat ini  bisa mengelola jurnal sendiri (jurnal Pedagogika) yang ber-ISSN. Tapi sekali lagi, saya pengen Buku, buku dan Buku edisi lengkap.

Dulu sudah memulainya, dari memulung fakta, TTS (Tulisan-tulisan Sedikit), dari merancang Blog, Jurnal Online, bergabung dalam Komunitas penulis, sampai pada memutuskan untuk membuat Bahan Ajar ke Mahasiswa, sampai saat ini bahan ajarnya saya sebarkan gratis via blog dan tidak perlu mahasiswa Bayar seperti kebanyakan pengajar yang lain. Tapi sekali lagi bukan buku terbitannya…Ya Allah-ku berikan jalan untuk Terbitkan Buku tulisanku….

Tinggal sekarang mencari editor, hmmm anda termasuk editor?, kotak saya yah…Saya Pengen Buku yang disebarkan Gratis seperti orang-orang yang kebanyakan di dunia maya, urusan resmi dan tidak resmi (ISBN) kan gampang, yang penting tulisannya berkualitas dan bisa layak diuji (tak perlu dipuji) tinggal cari penerbit (ber-ISBN) dan bayar ongkos cetaknya dan terbit bukunya deh…. ini mah gampang…Kapan anda mengontak saya?

2 Responses to Berapa Banyak Buku yang Bapak Tulis?

  1. Johnc274 says:

    Great article post.Really thank you! Fantastic. bbfeedfcgkfe

  2. Johna944 says:

    You really make it seem so easy with your presentation but I find this topic to be really something which I think I would never understand. It seems too complicated and extremely broad for me. I’m looking forward for your next post, I’ll try to get the hang of it! cddcfebdgked

Saya Nantikan Komentar Anda,..!!

