Kemampuan Membaca Al Qur’an Mahasiswa Muslim


Di tengah gencarnya persiapan perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Nasional ke 24 pada 8 juni 2012 nanti, kami sebagai pengajar mata kuliah agama Islam, terus berupaya memotivasi minat baca qur’an pada setiap pelajar terutama mahasiswa dalam mengenal lebih dalam tentang Al-Qur’an dan diskusi diseputar Studi Al-Qur’an agar mereka lebih paham dan lebih bisa menerima al-Qur’an tidak sekedar mengenal al-Qur’an sebagai simbol kitab suci terpercaya dari ummat Islam semata.
muncul sebuah keluhan bahwa ternyata tidak sedikit lulusan sekolah menengah bercirikan agama belum bisa membaca al Qur’an yang masuk diperguruan tinggi Negeri dan Swasta di kota Ambon. Persoalan ini menjadi sesuatu yang amat disesalkan. Semestinya lulusan sekolah menengah tingkat atas (SMA) sudah harus lulus baca al-qur’an atau dapat membaca dengan baik saja sudah cukup sebelum jauh memahami maksud kandungannya.
Entah bagaimana yang sebenarnya terjadi, tetapi mestinya ummat Islam, apapun tingkat pendidikannya harus selalu belajar membaca dan berusaha memahami al qur’an sepanjang waktu. Mempelajari al qur’an adalah fardhu ain. Artinya adalah wajib dijalankan oleh setiap muslim. Mempelajari al qur’an tidak boleh diwakilkan kepada orang lain.
Mempelajari al qur’an dan hadits dinyatakan sebagai fardhu ain, maka mestinya setiap muslim tanpa henti, ——hingga kapan saja, harus selalu mempelajari al qur’an dan hadits nabi. Kewajiban itu tidak mengenal batas waktu, artinya boleh berhenti pada saat berumur tertentu. Mempelajari al qur’an adalah harus dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Itulah sebabnya, maka al qur’an dipandang sebagai bacaan wajib bagi setiap muslim. Dan menjadi aneh misalnya, sebatas membaca saja, maka tidak dikuasainya.
Melihat kenyataan-kenyataan tersebut, rupanya pendidikan Islam perlu dikaji kembali. Selama ini, mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, pelajaran agama Islam diformat menjadi pelajaran tauhid, fiqih, akhlak, tasawwuf, tarekh dan Bahasa Arab. Memang ada pelajaran al qur’an dan hadits nabi, tetapi pelaksanaannya tidak sampai mendalam. Di sekolah dan bahkan di perguruan tinggi, Al Qur’an dan juga hadits nabi, hanya diperkenalkan beberapa ayat dan atau beberapa riwayat. Manakala siswa atau mahasiswa telah mampu membaca dan atau menghafal beberapa ayat yang ditentukan, maka diangap telah lulus.
Pelajaran yang diberikan sesuai kurikulum yang ditetapkan belum sampai berhasil mengantarkan para siswa mencintai al qur’an dan hadits nabi, dan bahkan sebatas mampu membacanya sekalipun. Oleh sebab itu banyak ditemukan lulusan sekolah menengah bercirikan agama dan bahkan lulusan perguruan tinggi agama belum mampu membaca al qur’an , dan apalagi mencintai sehingga menjadi bacaan wajib bagi mereka sehari-hari.
Sebagai pengajar saya selalu melakukan survey kecil agar tidak menjadi dongeng dan rumor di setiap kelas tentang penilaian membaca al qur’an, dengan beberapa kriteria yakni membaca dengan baik, kurang bisa membaca, cukup, dan kurang sekali bisa membaca (B, C, K, KS). Dan survey membuktikan di salah satu program studi di sebuah fakultas di kampus Islam swasta Ambon, tingkat kemampuan membaca al-qur’an dengan baik hanya 46%-66,66%, saja. Rupanya kewajiban membaca al-qur’an tidak lagi menjadi perhatian mahasiswa muslim saat ini, harus ada upaya untuk membina dan melakukan perbaikan kurikulum, dan sistem pembinaan terhadap pembelajaran terutama perkuliahan di tingkat akademik kampus. Dan hal ini juga merupakan tanggung jawab kita semua terutam keluarga dan para sahabat muslim, tentang tingkat pengawasan dan saling memotivasi untuk tidak menjauhi al qur’an.
Agar tidak dikenal dengan negeri yang menghadirkan al-qur’an sebagai formalisasi di tengah persiapa MTQ tingkat Nasional di Ambon.

10 Responses to Kemampuan Membaca Al Qur’an Mahasiswa Muslim

  1. soetha says:

    Kesimpulan

    Dari data survey yang kita dapatkan setelah mewancarai mahasiswa mengenai toleransi
    Tingkat baca al_quran dan pemahaman tentang toleransi baik mencapai 66,66 %.
    Maka kelompok kami dapat menyimpulkan bahwa toleransi adalah suatu sikap manusia
    Yang beragama dan mempunyai keyakinan untuk menghormati dan menghargai manusia yang beragama lain.
    Dalam masyarakat berdasarkan pancasila terutama sila pertama, bertaqwa kepada tuhan menurut agama dan kepercayaan masing-masing adalah mutlak. Semua agama menghargai manusia maka dari itu semua umat beragama juga wajib saling menghargai. Dengan demikian antar umat beragama yang berlainan akan terbina kerukunan hidup yang damai & sejahteraan.

    KELOMPOK 4
    1.BOISUTA LATAR
    2.SELVI MASKALIMAN

  2. Artikel sural al_khafirun (QS 1;6)

    Assalamualikum wr wb ..

    Al_qur’an merupakan pedoman umat muslim didunia,kitab yang sangat mulia,kitab yang paling sempurna dari kitab kitab suci lainnya.
    Kita sebagai umat bergama yang percaya akan adanya sang penguasa alam dalam hal ini adalah ALLAH SWT .patut berbangga hati karena kita terlahir sebagai mahkluk yang paling mulia dimata_NYA.
    Kita juga harus diwajibkan dapat membaca dan mengamalkan ajaran islam sesuai denagn kodrat yang telah ditentukan salah satunya beribadah yakni dapat membaca,memaknai,mengamalkan ayat ayat suci al_qur’an.
    Tapi sayang ,kemampuan membaca al_qur’an anak muda ( mahasiswa) sekarang sungguh sangat memperhatikan .bayangkan saja dari data yang kita ambil dari angka 6,66% dari 24 orang yang sebaimana angkaa yang cukup tinggi dari angka 100%.kita mendapat sebuah data sebagai berikut :
    Baik : 50%
    Kurang :41,66%
    Cukup : 41,66%
    Kurang baik : 25%
    Sungguh ironis bukan dan patut dipertanyaakan ?
    di zaman yang moderen ini masih banyak mahasiswa yang minim akan ilmu pengetahuan ajaran agama.
    siapa yang harus disalahkan ?
    kita kah ?
    orang tuakah ?
    semua berawal dari diri kita sendiri ,kesadaran akan kewajiban kita sebagai umat beragama.
    dari data kita di atas semoga menjadi satu cambuk bagi pembaca agar lebih tekun dalam mengasa ilmu pengetahuan agama islam khususnya membaca dan mengamalkan AL_QUR’AN .

    wassaaalm wr.wb

    Created by :
    Fadillah
    Burhanudin Nurlette
    Tiah ummi qalsum palisoa

    Fakultas : perikanan dan ilmu kelautan (unidar ambon)
    ruang/semester : B3/II

  3. Al Qur’an adalah kitab yang diturunkan dengan penuh berkah. Al Qur’an memberikan petunjuk manusia kepada jalan yang lurus. membaca Al Qur’an merupakan hal yang sangat penting karena sebagai umat Muslim, kita tentunya berkewajiban untuk membaca Al Qur’an dalam keseharian kita. Al Qur’an disamping menjadi kitab untuk dibaca juga merupakan kitab suci untuk direnungi, sekaligus diamalkan. Dengan membaca Al Qur’an Dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita.
    Dari data pengamatan tentang kemampuan membaca Al Qur’an mahasiswa muslim diperoleh tingkat kemampuan membaca Al Qur’an dengan baik hanya 57%. yang menjadi masalah adalah kurang minatnya membaca Quran , padahal ayat yang pertama kali diturunkan oleh Allah adalah perintah untuk membaca,kita sebagai manusia muslim perlu menyadari akan hal itu.
    Kesimpulannya mari kita perbanyak membaca Al Quran. Karena Membaca Al Qur’an termasuk sebuah amalan yang sangat mulia dan Allah SWT akan menjanjikan pahala yang berlipat ganda.Dan bila ada dari kita yang mungkin masih belum lancar membaca Al Quran , jangan patah semangat, , teruslah membacanya, karena Al Quran yang kita baca, akan menemui kita dihari kiamat kelak, Selain itu Al Quran yang kita baca, akan memberikan syafaat untuk kita. Sungguh suatu kebahagiaan dan merupakan kenikmatan yang besar, kita memiliki Alquran. Selain menjadi ibadah dalam membacanya, bacaannya memberikan pengaruh besar bagi kehidupan jasmani dan rohani kita. mudah-mudahan muslim dapat mengambil hikmah dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari – hari.

    Kelompok I
    (ruangan b _1)
    Tika mustika rini
    Risal rahawarin
    Ba’adia kotabanda

  4. karim derlen says:

    Al-Qur’an ialah Kalam Allah yang mu’jizat, diturunkan kepada Nabi dan Rasul penghabisan Muhammad Saw dengan perantaraaan Malaikat terpercaya, Jibril, tertulis dalam
    mushhab yang dinukilkan kepada kita secara mutawatir, membacanya merupakan ibadah,
    yang dimulai dari surah Al-Fatihah dan diakhiri dengan surah An-Nas.Sesungguhnya Al-Qur’an ini memberikan petunjuk kepada( jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar kepada orang-orang Mu’min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagimereka pahala yang besar.
    Dari data survey yang kita dapatkan tingkat kemampuan membaca Al Qur’an dengan baik hanya mencapai 57%.jadi kelompok kami dapat menyimpulkan bahwa minat baca Al Qur’an sekarang sangat memperhatikan perlu ditingkatkan lagi.Sebagian orang malas membaca Al Quran padahal di dalam terdapat petunjuk untuk hidup di dunia.Sebagian orang merasa tidak punya waktu untuk membaca Al Quran padahal di dalamnya terdapat pahala yang besar.Sebagian orang merasa tidak sanggup belajar Al Quran karena sulit katanya, padahal membacanya sangat mudah dan sangat mendatangkan kebaikan. Kita sebagai muslim marilah membaca dan mengamalkan AL_QUR’AN karena Salah satu ibadah paling agung adalah membaca Al Quran. semoga ini menjadi sumber pengetahuan bagi pembaca untuk selalu menumbuhkan minat baca Al Qur’an (Amiin ya Robal A’lamin).

    Ruangan B_1
    Karim Derlen
    Abdul Kadir Tuaputty

  5. nabawi says:

    Allah menurunkan Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad Saw untuk mengeluarkan umat manusia dari kegelapan dan kebodohan menuju cahaya Islam, sehingga menjadi benar-benar umat yang baik dan terbaik yang pernah ada di muka bumi ini. Diantara ciri khas atau keistimewaan yang dimiliki Al-Qur’an adalah ia bisa memberi syafa’at pada hari kiamat pada orang-orang yang membacanya dan mengkajinya. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan Abi Umamah Al Bahimah, bahwa Rasulullah Saw bersabda, yang artinya: “Baca Al-Qur’an, ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepadanya.” (H.R. Muslim)Tingkat baca al_quran baik mencapai 57 % kelompok kami menyimpulkan bahwa kemampuan membaca al_qur’an mahasiswa muslim sangat rendah dibandingkan jumlah mahasiswa yang sangat banyak .ini menjadi suatu bahan pembelajaran agar perlu di renungi .
    Bacalah Al Qur’an, karena Al Qur’an adalah obat bagi hati yang sedang resah. Allah subhanahu wata’ala berfirman: “Dan Kami turunkan dalam Al Qur’an ayat-ayat yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman… (QS Al Isra’ (17) : 82). Membaca Al-Qur’an senantiasa menjadikan hati kita lebih tenang dan damai, karena dengan membaca Al-Qur’an secara tidak langsung kita sedang menghadap Allah Swt.Oleh karena itu, perbanyaklah membaca Al-Qur’an dan mengkaji ayat-ayat-Nya agar hati kita menjadi lebih tenang dan tentram.

    Ruangan B => 1
    Nabawi
    Kirman
    Iman

  6. rusli kella says:

    Al Qur’an adalah kemuliaan yang paling tinggi. Al-Qur’an adalah kitab yang diturunkan dengan penuh berkah, Al-Qur’an memberikan petunjuk manusia kepada jalan yang lurus. Al Qur’an adalah petunjuk bagi manusia, khususnya umat islam. Keteguhan memegang Al Qur’an akan membawa kebahagiaan. Al-Qur’an bagaikan air yang menyirami tanaman iman. Iman yang selalu dirawat dan disirami dengan bacaan Al-Qur’an, niscaya akan tumbuh subur.
    Namun sebaliknya, hati yang jauh dari bacaan Al-Qur’an, niscaya akan gersang. Tanaman iman menjadi layu. Tidak ada musibah yang lebih besar daripada hati yang beku dan iman yang layu.Dari data survey yang kita dapatkan setelah mewancarai mahasiswa mendapat sebuah data sebagai Tingkat baca al_quran baik mencapai 57 % kami dapat menyimpulkan kami bahwa minat baca Al Qur’an mahasiswa muslim sekarang sangat memperhatikan perlu ditingkatkan lagi.
    banyak manfaat dari membaca Al-Qur’an, , diantaranya yaitu:
    • Motivator dan penyemangat
    • Allah menegur diri kita pada setiap ayat-ayat-Nya
    • Memberikan kedamaian dan ketenangan
    •Senantiasa selalu ingat Allah Swt dan kembali kepada-Nya
    • Selalu berada dalam kecukupan akan nikmat Allah Swt
    • Menjadi penjaganya selama ia hidup di dunia
    • Memperbanyak ilmu
    Jika kita pelajari makna dari setiap ayat yang telah kita baca, kita akan menemukan berbagai manfaat yang diperoleh dari membaca, Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu metode dalam mengatasi masalah hati. Hidup di bawah naungan Al Quran merupakan hidayah yang senantiasa membimbing kita kepada jalan yang benar dan
    memberikan ketentraman didalam hati orang yang membacanya
    jadi Kita Sebagai umat muslim perlu meningkatkan iman kita dalam membaca Al Qur’an dan mengamalkannya Dalam kehidupan sehari-hari

    Ruangan B – I
    Rusli Kella
    Jisman Jakaria
    Usman Ralibi Kibas

  7. nabawi says:

    Allah menurunkan Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad Saw untuk mengeluarkan umat manusia dari kegelapan dan kebodohan menuju cahaya Islam, sehingga menjadi benar-benar umat yang baik dan terbaik yang pernah ada di muka bumi ini. Diantara ciri khas atau keistimewaan yang dimiliki Al-Qur’an adalah ia bisa memberi syafa’at pada hari kiamat pada orang-orang yang membacanya dan mengkajinya. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan Abi Umamah Al Bahimah, bahwa Rasulullah Saw bersabda, yang artinya: “Baca Al-Qur’an, ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepadanya.” (H.R. Muslim)Tingkat baca al_quran baik mencapai 57 % kelompok kami menyimpulkan bahwa kemampuan membaca al_qur’an mahasiswa muslim sangat rendah dibandingkan jumlah mahasiswa yang sangat banyak .ini menjadi suatu bahan pembelajaran agar perlu di renungi .
    Bacalah Al Qur’an, karena Al Qur’an adalah obat bagi hati yang sedang resah. Allah subhanahu wata’ala berfirman: “Dan Kami turunkan dalam Al Qur’an ayat-ayat yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman… (QS Al Isra’ (17) : 82). Membaca Al-Qur’an senantiasa menjadikan hati kita lebih tenang dan damai, karena dengan membaca Al-Qur’an secara tidak langsung kita sedang menghadap Allah Swt.Oleh karena itu, perbanyaklah membaca Al-Qur’an dan mengkaji ayat-ayat-Nya agar hati kita menjadi lebih tenang dan tentram.

    Ruangan B => 1
    Nabawi
    Kirman Wance
    Ode Iman

  8. indra hamid says:

    Al-Qur’an merupakan wahyu Allah Swt yang paling mulia, senantiasa telah memberikan banyak hikmah dan manfaat bagi kita yang ingin mempelajarinya. Karena kita sebagai hamba Allah Swt yang beriman hendaknya kita menunaikan kewajiban kita untuk membaca, mempelajari dan memaknai setiap ayat-ayat Al-Qur’an. Karena dengan hal itu kita akan mendapatkan banyak manfaat yang diperoleh dari mempelajari kitab suci Al-Qur’an. Al Quran adalah kitab suci yang diturunkan kepada nabi Muhammad Saw yang menyempurnakan kitab-kitab
    sebelumnya. Al Quran juga merupakan pedoman hidup bagi seorang muslim. Karena itulah kita sebagai seorang muslim
    harus berpegang teguh dengannya, sehingga kita tidak akan sesat dan selamat dunia akhirat
    Dari data yang kami peroleh tingkat baca Al Qur’an baik mencapai 57 % jadi kelomok kami menyimpulkan bahwa minar baca Al Qur’an mahasiswa muslim masih sangat sedikit perlu ada kesadaran dari diri sendiri untuk selalu membaca Al Qur’an
    Alangkah indahnya hidup kita, bila kita tidak hanya sekedar bisa membaca Al Quran, tetapi juga menghafalnya dan mengamalkannya. Hendaklah senantiasa berusaha untuk bersifat seperti ahlul Quran yang senantiasa membaca Al Quran dan menjadikan Al Quran bagian dari kehidupannya
    Begitu banyak keutamaan membaca Al Quran, tapi karena kesibukan dunia dan segala pesonanya yang menggoda, membuat kita jadi malas melakukannya, karena itu mulai sekarang, sebaiknya kita mulai meluangkan waktu untuk mulai kembali membaca Al Quran (termasuk diri saya).

    Ruangan B—1
    Indra Hamid
    Rusli Kella
    Jisman Jakaria
    Usman Ralibi Kibas

  9. nabawi says:

    Allah menurunkan Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad Saw untuk mengeluarkan umat manusia dari kegelapan dan kebodohan menuju cahaya Islam, sehingga menjadi benar-benar umat yang baik dan terbaik yang pernah ada di muka bumi ini. Diantara ciri khas atau keistimewaan yang dimiliki Al-Qur’an adalah ia bisa memberi syafa’at pada hari kiamat pada orang-orang yang membacanya dan mengkajinya. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan Abi Umamah Al Bahimah, bahwa Rasulullah Saw bersabda, yang artinya: “Baca Al-Qur’an, ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepadanya.” (H.R. Muslim)Tingkat baca al_quran baik mencapai 57 % kelompok kami menyimpulkan bahwa kemampuan membaca al_qur’an mahasiswa muslim sangat rendah dibandingkan jumlah mahasiswa yang sangat banyak .ini menjadi suatu bahan pembelajaran agar perlu di renungi .
    Bacalah Al Qur’an, karena Al Qur’an adalah obat bagi hati yang sedang resah. Allah subhanahu wata’ala berfirman: “Dan Kami turunkan dalam Al Qur’an ayat-ayat yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman… (QS Al Isra’ (17) : 82). Membaca Al-Qur’an senantiasa menjadikan hati kita lebih tenang dan damai, karena dengan membaca Al-Qur’an secara tidak langsung kita sedang menghadap Allah Swt.Oleh karena itu, perbanyaklah membaca Al-Qur’an dan mengkaji ayat-ayat-Nya agar hati kita menjadi lebih tenang dan tentram.

    Ruangan B => 1
    Nabawi
    Kirman Wance
    Ode Iman
    Wa Ratna
    Akbar Payapo

  10. indra hamid says:

    Al Qur’an adalah kemuliaan yang paling tinggi. Al-Qur’an adalah kitab yang diturunkan dengan penuh berkah, Al-Qur’an memberikan petunjuk manusia kepada jalan yang lurus. Al Qur’an adalah petunjuk bagi manusia, khususnya umat islam. Keteguhan memegang Al Qur’an akan membawa kebahagiaan. Al-Qur’an bagaikan air yang menyirami tanaman iman. Iman yang selalu dirawat dan disirami dengan bacaan Al-Qur’an, niscaya akan tumbuh subur.
    Namun sebaliknya, hati yang jauh dari bacaan Al-Qur’an, niscaya akan gersang. Tanaman iman menjadi layu. Tidak ada musibah yang lebih besar daripada hati yang beku dan iman yang layu.Dari data survey yang kita dapatkan setelah mewancarai mahasiswa mendapat sebuah data sebagai Tingkat baca al_quran baik mencapai 57 % kami dapat menyimpulkan kami bahwa minat baca Al Qur’an mahasiswa muslim sekarang sangat memperhatikan perlu ditingkatkan lagi.
    banyak manfaat dari membaca Al-Qur’an, , diantaranya yaitu:
    • Motivator dan penyemangat
    • Allah menegur diri kita pada setiap ayat-ayat-Nya
    • Memberikan kedamaian dan ketenangan
    •Senantiasa selalu ingat Allah Swt dan kembali kepada-Nya
    • Selalu berada dalam kecukupan akan nikmat Allah Swt
    • Menjadi penjaganya selama ia hidup di dunia
    • Memperbanyak ilmu
    Jika kita pelajari makna dari setiap ayat yang telah kita baca, kita akan menemukan berbagai manfaat yang diperoleh dari membaca, Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu metode dalam mengatasi masalah hati. Hidup di bawah naungan Al Quran merupakan hidayah yang senantiasa membimbing kita kepada jalan yang benar dan
    memberikan ketentraman didalam hati orang yang membacanya
    jadi Kita Sebagai umat muslim perlu meningkatkan iman kita dalam membaca Al Qur’an dan mengamalkannya Dalam kehidupan sehari-hari

    Ruangan B – I
    Rusli Kella
    Jisman Jakaria
    Usman Ralibi Kibas
    indra hamid

Saya Nantikan Komentar Anda,..!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: